Benahi Dokumen, Magister Kimia Raih Akreditasi A

Kabar gembira datang dari Program Studi (Prodi) S2 atau Magister Departemen Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Prodi yang berdiri sejak 2014 silam ini baru saja memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Pasalnya, perolehan akreditasi ini bukan hanya perkara kelengkapan dokumen borang, namun tata cara penulisan dokumen pun perlu diperhatikan. 

"Sebenarnya kualitas kami sudah sangat baik, tapi yang membuat gagal pada penilaian BAN PT yang lalu adalah cara penulisan dokumen,'' ujar Ketua Prodi Magister Kimia, Prof Dr Mardi Santoso. Membenahi dari kesalahan yang lalu, Mardi mengaku adanya pembentukan tim khusus perihal perlengkapan dokumen dan tata tulis pembuatan dokumen.

Mardi memaparkan, tim khusus ini dibentuk tiga bulan sebelum penilaian guna memenuhi tujuh standar persyaratan perolehan akreditasi A. ''Dokumen selanjutnya disampaikan kepada Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Intelektual ITS untuk dievaluasi,'' jelas dosen yang ahli di bidang kimia organik. 


Ketujuh standar tersebut yaitu: visi, misi, tujuan dan sasaran; tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, penjaminan mutu, dan sistem informasi; mahasiswa dan lulusan; sumber daya manusia serta kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik. Selanjutnya ada standar mengenai pembiayaan, prasarana, sarana, dan sistem informasi serta penelitian, pelayanan/ pengabdian masyarakat dan kerjasama.

Ketua Departemen Kimia ITS, Prof Dr Didik Prasetyoko SSi MSc mengaku, dengan adanya standar ini sangat membantu dalam pembuatan dokumen pendukung penunjang akreditasi. Kendati itu, terbukanya cara penilaian BAN PT pun mempermudah departemen dalam menilai kualitasnya sendiri. ''Dengan transparansi seperti itu, kami sudah dapat menilai bahwa kami layak untuk mendapat akreditasi A,'' jelas dosen alumni Departemen Kimia tahun 1994 ini.

Hal itu terbukti dengan peraihan nilai lebih dari 361 dari nilai total 400 dalam penilaian Magister Kimia ITS ini. Hal tersebut juga dibarengi dengan peraihan predikat terbaik kedua kategori Prodi Magister dalam kategori Prodi Berkinerja Terbaik ITS Tahun 2016. Lebih lanjut, Didik berharap minat mahasiswa semakin meningkat untuk menempuh studi magister di Departemen Kimia ITS yang baru saja berakreditasi A ini.

"Juga kesempatan calon mahasiswa untuk studi lanjut di Prodi Magister Kimia dengan beasiswa LPDP pun semakin besar," harap Didik menutup perbincangannya dengan ITS Online. (pra/riz)