Sejarah

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), semula bernama Fakultas Ilmu Pasti Ilmu Alam (FIPIA) baru berdiri tahun 1965, berdasarkan SK Menteri No. 72 tahun 1965. FIPIA awalnya terdiri 2 (dua) bagian yaitu bagian Ilmu Pasti dan bagian Ilmu Alam. Tahun 1983 ITS mengalami perubahan struktur organisasi dan nama FIPIA diubah menjadi FMIPA.

Sesuai dengan tujuan pendidikan tinggi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FMIPA ITS diharapkan mampu memproduksi sumber daya manusia yang memiliki kemampuan mengembangkan logika berfikir matematis, berfikir secara analitis dan dapat mengambil kesimpulan secara ilmiah serta mampu mengungkapkan perilaku alam melalui penelitian ilmiah. Dengan kata lain sumber daya manusia yang dihasilkan oleh FMIPA ITS diharapkan memiliki kualifikasi:

  1. Mampu menerapkan dan mengembangkan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  2. Mampu menghasilkan berbagai gagasan ilmiah dalam penerapan dan pengembangan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Kerangka acuan program pendidikan di fakultas adalah perkiraan mengenai peran para lulusan dalam kegiatan pembangunan masyarakat Indonesia di waktu ini dan di masa mendatang, baik dalam konteks Pembangunan Nasional, maupun pengembangan ilmu pengetahuan. Pendidikan sarjana di lingkungan fakultas bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang ahli dalam bidang pengetahuannya, yang mampu mengembangkan dirinya secara mandiri, memiliki sikap seorang ilmuwan yang tanggap terhadap tuntutan lingkungannya, serta berkemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan lapangan pekerjaannya.